Senin, 12 Februari 2018

Resep Cara Membuat Kerupuk Jengkol Renyah

Snack curah, distributor snack curah, grosir snack curah, supplier snack curah, agen snack curah, jual snack curah, reseller snack curah, harga snack curah, snack curah murah, dropship snack curah, pabrik snack curah, toko snack curah, harga grosir snack curah.
Jengkol merupakan makanan yang dihindari karena baunya saat kita sudah mengkonsumsinya. Tapi tidak sedikit pula yang menyukai jengkol ini, sebaiknya kita juga harus memperhatikan porsi makan jengkol yang baik bagi kesehatan, jangan sampai berlebihan. Banyak olahan masakan dari jengkol ini yang terkenal salah satunya adalah semur jengkol, rasanya yang khas membuat nafsu makan bertambah. Selain aneka masakan, jengkol juga bisa dibuat sebagai bahan dasar pembuatan kerupuk, apalagi kalau bukan kerupuk jengkol. Kerupuk jengkol ini sangat cocok untuk dimakan sebagai camilan ataupun teman makan nasi. Penasaran gimana cara buat kerupuk jengkol?? kita lihat resep dan cara pembuatan kerupuk jengkol disini yukk...

Bahan-bahan untuk membuat kerupuk jengkol:
- Jengkol 1 kg
- Tepung tapioka 2 kg
- Air hangat 300 ml
- Bawang putih 50 gram, dihaluskan
- Penyedap rasa secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak goreng

Cara membuat kerupuk jengkol yang enak, gurih dan renyah:
1. Kupas jengkol, kemudian cuci dengan air bersih, lalu rendam jengkol dalam air bersih kira-kira selama 20 menit. Setelah 20 menit, ganti air rendaman dengan air bersih yang baru lalu rendam jengkol lagi selama 20 menit , lakukan perendaman ini minimal hingga 3 kali. Jika sudah tiga kali angkat jengkol dan tiriskan.
2. Siapkan air garam dan panci untuk merebus jengkol, masukkan jengkol dan rebus sampai kulit ari-nya mengelupas. Angkat lalu tiriskan.
3. Bersihkan kulit ari jengkol, lalu tumbuk jengkol sampai halus untuk membuat adonan. Tambahkan bahan-bahan lainnya seperti tepung tapioka, bawang putih, garam, penyedap rasa, air hangat, aduk-aduk atau uleni hingga adonan bisa merata sempurna.
4. Bentuk adonan jengkol tadi menjadi bulat memanjang, lalu bungkus dengan daun pisang atau plastik. Kemudian kukus sampai matang, kira-kira selama 40 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
5. Setelah dingin iris tipis-tipis, dan jemur dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
6. Jika sudah benar-benar kering, kerupuk jengkol sudah siap digoreng. Siapkan penggorengan, dan goreng sampai matang. 7. Kerupuk jengkol sudah siap dihidangkan.

Kunjungi juga artikel cara membuat Kerupuk Mawar renyah dan gurih DISINI

1 komentar: